Jual Ikan Koi Unggul
Harga Murah, Bergaransi & Berkualitas

☎ 0822 3027 4443 (Anas)

Tak sedikit masyarakat saat ini yang sedang tertarik untuk melakukan memelihara, bahkan melakukan budidaya ikan koi di di halaman mereka. Hal ini dikarenakan mereka meyakini bahwa ikan koi dapat mendatangkan keuntungan, apabila dilihat dari segi perkembangbiakannya yang sangat cepat serta faktor keindahannya yang sangat menawan. Oleh karena itu, anda harus mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap perkembangbiakan ikan koi, salah satunya adalah makanan. Pemberian makanan merupakan faktor terpenting dalam menjaga asupan dan nutrisi ikan koi agar bibit koi yang dikembangbiakkan memiliki kualitas unggul dan tidak rentan terserang penyakit.

Pastikan anda memilih makanan ikan koi yang telah tercukupi kebutuhan gizinya, karena bukan tidak mungkin jika suhu dalam kolam dapat berubah secara tidak menentu, kondisi inilah yang membuat ikan koi sangat membutuhkan asupan gizi yang seimbang.

Tahukah Anda? Bahwa ikan koi sejatinya merupakan jenis ikan omnivora yang dapat mengkonsumsi tumbuhan maupun hewan-hewan berukuran kecil. Kini telah banyak di pasaran beraneka ragam pakan koi, mulai dari pakan koi buatan pabrik hingga pakan koi alami. Secara umum kandungan dari pakan koi adalah sayur-sayuran, roti, buah-buahan dan hewan-hewan kecil. Khusus untuk pakan berupa hewan-hewan kecil, ikan koi sangat menyukai cacing dan udang. Adapun ikan koi juga mengkonsumsi tumbuhan Alga yang membuatnya dapat bertahan hidup cukup lama.

Cara Memberikan Pakan Untuk Ikan Koi

Pastikan anda memberikan pakan ikan koi sesuai dengan takaran secara tepat, tanpa harus dikurangkan, maupun dilebih-lebihkan. Apabila pemberian pakan ikan koi ini melampaui takaran sebagaimana wajarnya, maka tentu saja akan berdampak buruk terhadap kejernihan kolam, sehingga terlihat kotor. Bahkan juga dapat menjadi racun apabila zat yang berada di dalamnya telah berubah menjadi amonia. Dibawah ini merupakan tips yang harus anda laksanakan ketika pemberian pakan koi agar hasilnya menjadi lebih efektif dan efisien.

  • Proporsi takaran pakan ikan koi berukuran kecil adalah 5% dari jumlah berat badannya. Sementara untuk pakan ikan koi dewasa, maka taranya adalah 2% dari jumlah berat badannya.
  • Perlu Anda ketahui bahwa ikan koi memiliki sifat utama yang jauh berbeda dengan jenis ikan yang lain, ikan koi cenderung memiliki nafsu makan yang berlebihan, sehingga dapat menimbulkan rasa kenyang yang berakibat pada kematian.
  • Apabila ikan koi mengkonsumsi pakan terlalu berlebihan hingga kekenyangan, maka jumlah kotoran yang akan ditimbulkan pada kolam makan semakin banyak. Otomatis kolam akan menjadi kotor, sehingga ikan koi akan menjadi stres dan tidak nyaman, kemudian lama-kelamaan mati.
  • Pastikan pakan ikan koi yang telah anda tebarkan dalam kolam tersebut dapat habis dalam jangka waktu 5 menit. Apabila kurang dari waktu tersebut, maka itu sangat baik.
  • Perhatikan jenis pakan serat pada ikan koi seperti halnya buah dan sayuran. Pastikan sisa-sisa dari pakan berserat tersebut tidak mengotori kolam atau bahkan menyumbat lubang pipa dan kipas sehingga menghambat proses sirkulasi udara yang menyebabkan ikan koi menjadi stres.
  • Mengganti jenis pakan utama ikan koi tidak dapat dilakukan secara serta merta, anda harus melakukannya secara bertahap sedikit demi sedikit dengan menggunakan pakan ikan koi baru. Hal ini sangat penting mengingat ikan koi sangat sulit untuk beradaptasi dengan jenis pakan ikan yang baru.

Jenis-jenis Pakan Ikan Koi

Merupakan jenis pakan ikan koi yang sangat direkomendasikan karena sifatnya yang alami tidak memiliki efek samping. Disamping itu, pakan ikan koi alami terjual sangat murah di pasaran. Sangat efektif dalam menghasilkan ikan koi dengan tumbuh kembang yang baik. Hanya saja, pakan koi alami ini sangat sulit untuk ditemukan. Anda harus mencari beberapa hewan kecil seperti kerang, serangga, cacing tanah, bekicot, jangkrik, ikan-ikan kecil dan masih banyak lagi. Kandungan protein dan gizi pada ikan alami tersebut sangat baik untuk tumbuh kembang ikan koi agar lebih cepat membesar.

Apabila anda tertarik untuk meningkatkan kecerahan warna tubuh ikan koi, anda dapat memberikan pakan alami lainnya seperti sayuran kubis, kangkung, wartel, tanaman azolla, semangka dan lain sebagainya. Usahakan anda memberi pakan alami terhadap ikan koi sesuai dengan keseimbangan atau takaran dengan jenis pakaian yang lain. Dengan begitu diharapkan ikan koi dapat tumbuh besar dan berpotensi untuk menghasilkan bibit unggul.

Sibuk terhadap aktivitas harian bukan berarti Anda tidak bisa melakukan pemeliharaan atau budidaya ikan koi. Saat ini telah hadir pakan koi buatan pabrik yang bisa anda beli di beberapa toko-toko akuarium atau penjualan ikan koi. Pakan koi buatan pabrik yang paling banyak dibeli adalah pelet. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dan vitamin pada pelet mampu menyesuaikan dengan kebutuhan ikan koi, sehingga ikan koi dapat tumbuh besar lebih cepat dan sehat.

Sejatinya pelet dapat terbagi dalam beberapa jenis, yakni pelet lokal dan pelet impor. Berbagai aneka merk pelet yang dibuat oleh pabrik mampu menyesuaikan dengan kebutuhan gizi ikan koi agar proses tumbuh kembangnya dapat berjalan dengan baik. Walau mengandung banyak nutrisi dan vitamin, anda tetap saja diharuskan untuk memperhatikan takaran dari pakan koi buatan tersebut. Sebab pakan koi pelet ini adalah buatan pabrik yang tentu saja cenderung menggunakan bahan pengawet kimia. Jika dibiarkan tanpa ada pengendalian takaran, maka tentu saja akan berakibat fatal pada tumbuh kembang ikan koi yang anda besarkan. Sebagai alternatif, anda dapat memberikan pakan ikan koi alami, minimal satu kali dalam seminggu. Tujuannya adalah agar kebutuhan gizi ikan koi dapat berjalan secara seimbang.

Setiap orang tentu saja ingin melakukan pemeliharaan ikan koi secara maksimal. Maka dari itu, kami sangat menyarankan anda untuk menggunakan pakan ikan koi buatan sendiri daripada pakan ikan koi jenis yang lain. Pembuatan pakan koi sendiri ini hanya cocok apabila anda memiliki banyak waktu luang, sekaligus benar-benar memiliki dedikasi khusus terhadap pertumbuhan ikan koi agar dapat dibudidayakan sehingga hasilnya menguntungkan. Cara membuat pakan ikan koi sendiri, tentu saja Anda dapat menentukan kadar gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, bahkan Anda pun sudah mengantisipasi terlebih dahulu untuk tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang menimbulkan efek negatif terhadap tumbuh kembang ikan koi.

Bahan utama pada pakan ikan koi buatan sendiri adalah bawang putih, udang kecil, telur, agar-agar, vitamin C dan lain sebagainya. Proses pembuatannya tidak begitu rumit, pertama-tama anda harus membersihkan udang terlebih dahulu kemudian mencampurkannya menjadi satu dengan agar-agar, telur, bawang putih, dan vitamin C. Selanjutnya haluskan campuran tersebut, lalu diamkan selang beberapa menit. Apabila bahan pakan koi tersebut telah mendingin dan sedikit padat, maka anda dapat memotongnya menjadi kecil-kecil seperti halnya cacing.

Kesalahan pada Pemberian Pakan Ikan Koi

Terdapat sejumlah kesalahan yang seringkali diabaikan oleh para bercinta atau pemelihara ikan koi, sehingga tumbuh kembangnya menjadi kurang baik, bahkan semakin memburuk. Beberapa kesalahan yang seringkali terjadi diantaranya yaitu:

  • Melakukan Pergantian jenis pakan ikan koi secara mendadak tanpa adanya tahapan
  • Jumlah pakan terlalu banyak
  • Pemberian suplemen ikan koi melampaui kadar takaran

Info Pemesanan?


☎ 0822 3027 4443 (Anas)
[email protected]
Ds. Pehkulon, Kec. Papar, Kab. Kediri Jawa Timur 64153

Aturan Jadwal Pemberian Pakan Ikan Koi

Sangat penting untuk diketahui, dalam pemberikan pakan untuk ikan koi terdapat jadwal atau waktu yang tepat agar hasilnya efektif. Hal ini tergantung pada iklim maupun cuaca pada kolam ikan koi tersebut yang mana sangat berkaitan erat pada temperatur suhunya. Jika suhu kolam ikan koi rendah, maka frekuensi pemberikan pakan  sebaiknya dikurangi. Begitu pula sebaliknya. Berikut ini merupakan detail hubungan antara suhu air dan frekuensi pemberikan pakan ikan koi. 

SUHU AIR
INTENSITAS PAKAN
KADAR GIZI
22-26°C
3-4 Kali/Hari
Tinggi Protein
18-20°C
1-2 Kali/Hari
40% Protein
16°C
1 Kali/Hari
30% Protein + Sayuran
15°C
1 Kali/Hari (dalam seminggu – 6 hari rutin, 1 hari kosong)
25% protein + Bahan Tinggi Karbo
15°C
4-5 Kali/Minggu
Kondisional

Ulasan di atas adalah rangkuman dari cara pemberian ikan pakan koi yang proporsional demi mendapatkan hasil maksimal. Demi mendapatkan bibit ikan koi yang unggul dan sehat, Anda harus melakukan pemeliharaan secara tepatdan sesuai. Sehingga apabila bibit koi telah tumbuh dewasa, maka corak motif yang terlihat pada tubuhnya akan nampak lebih indah dan menawan.

Apabila Anda saat ini sangat gemar dan tertarik untuk memelihara ikan koi atau membudidayakan ikan koi, segera hubungi customer service kami melalui nomor kontak yang kami sediakan. Kami adalah supplier aneka bibit ikan koi yang dijual dengan harga murah. Kami siap menjangkau pengiriman bibit ikan koi ke seluruh daerah di Indonesia.

Info Pemesanan?


☎ 0822 3027 4443 (Anas)
[email protected]
Ds. Pehkulon, Kec. Papar, Kab. Kediri Jawa Timur 64153