Jual Ikan Koi Unggul
Harga Murah, Bergaransi & Berkualitas

☎ 0822 3027 4443 (Anas)

Ikan koi adalah satu dari sekian ikan hias paling banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki keindahan dari warna sisiknya. Namun dibalik keindahan ikan koi tersebut, tersimpan sebuah penyakit yang menyerang ikan koi sehingga warna yang memiliki kesan estetik tersebut menjadi kurang menarik. Sebagaimana kita ketahui bahwa pemeliharaan ikan koi tidaklah begitu sulit, namun hal tersebut tidak serta merta didefinisikan bahwa menjaga keindahan corak tubuh warna ikan koi merupakan hal yang tidak begitu sulit pula. Hal ini menjadi tantangan tersendiri Apabila Anda ingin membudidayakan ikan koi. Dibutuhkan ketekunan dan keuletan agar ikan koi yang anda pelihara tetap dalam kondisi sehat tanpa terserang penyakit saat kapanpun.

Keindahan warna sisik ikan koi yang telah memudar merupakan penyebab dari penyakit dan lingkungan yang tidak sejalan dengan kondisi tubuh ikan koi. Hampir sebagian besar yang menjadi penyebab utama dari penyakit koi adalah kurang sehatnya kondisi air akibat banyaknya kotoran. Adapun selain feses atau kotoran koi, mucus (lendir tebal) dan sisa makanan merupakan faktor lain dari keruhnya ikan kolam koi. Mucus merupakan bagian dari ikan koi yang berfungsi untuk melindungi tubuh akibat kotoran di sekelilingnya. Akan tetapi jika jumlah modus tersebut semakin membludak, makalah kebersihan air menjadi tidak terjaga.

Perlu Anda garis bawahi, apabila usia dari ikan koi semakin tua maka modus yang dihasil semakin banyak. Oleh karena itu tu, anda harus benar-benar memperhatikan pengurasan air. Kami sangat merekomendasikan untuk dilakukan dua minggu sekali. Bisa juga dengan cara lain, yaitu dengan memanfaatkan sistem air mengalir pada kolam. Dengan begitu maka air kolam koi makan diperbaharui secara berkala dan terus menerus.

Info Pemesanan?


☎ 0822 3027 4443 (Anas)
[email protected]
Ds. Pehkulon, Kec. Papar, Kab. Kediri Jawa Timur 64153

Mengidentifikasi Penyakit Ikan Koi

Sangat penting bagi Anda yang saat ini sedang membudidayakan ikan koi untuk mengetahui apa saja gejala awal pada ikan koi yang terkena penyakit. Anda dapat memahami penyakit ikan koi tersebut dengan mengidentifikasi gejala-gejala apa sajakah yang berubah-ubah dan terkesan tidak wajar. Berikut ini merupakan gejala ikan koi yang terserang penyakit, diantaranya: 

  • Ikan koi memproduksi lendir dengan jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya
  • Terdapat satu hingga beberapa bercak luka, benjolan, gejala busuk yang dapat dilihat secara kasat mata pada tubuh ikan koi
  • Ikan koi menjadi penyendiri
  • Sirip koi cenderung dirapatkan pada sisi badan
  • Ikan koi menjadi lebih pasif, terlihat dari gerakan siripnya yang sedikit

Apabila anda telah melihat dan mengidentifikasi gejala awal sebagaimana yang disebutkan ada poin-poin di atas, maka anda dapat melakukan pengobatan terhadap ikan koi. Adapun, pemeriksaan insang juga perlu dilakukan untuk melihat apakah terdapat luka yang sebagaimana dijelaskan pada poin-poin di atas.

Macam-macam Penyakit Koi & Cara Mengatasinya

Para pelaku budidaya ikan koi, tentu saja tidak lepas dari permasalahan mendasar yaitu bagaimana cara mengatasi penyakit ikan koi. Sejatinya ikan koi tidak terlepas juga dari gangguan parasit dan non parasit. Di bawah ini merupakan beberapa jenis parasit atau lebih dikenal dengan penyakit yang mengganggu kesehatan ikan koi, diantaranya:

Penyakit ini merupakan sebab dari adanya bakteri pada sisik ikan koi, sehingga menjadi terkelupas dan membengkak. Sehingga hal tersebut menyebabkan ikan koi sulit untuk berenang bahkan hingga mengalami sesak nafas. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda dapat menuangkan larutan antibakteri. Bisa juga dengan menggunakan taburan garam dapur. 

Merupakan penyakit bintik putih yang seringkali merusak seluruh permukaan kulit ikan koi, bahkan dapat meluas mencapai seluruh permukaan tubuh yang lain. Misal, sirip, insang dan bagian-bagian tubuh ikan yang lain. Penyakit ini seringkali terjadi pada tubuh ikan koi yang diletakkan pada kolam akuarium.

Untuk menangani penyakit tersebut, anda dapat melakukan peningkatan suhu air kolam hingga beberapa derajat dari suhu awal. Kemudian tambahkan 0,5 g Metheline blue untuk per 1 ton air.

Penyakit ini merupakan akibat dari adanya bakteri bernama aeromonas hydrophila. Bakteri ini menempel pada tubuh ikan yang sedang terluka, sehingga menyebabkan ikan koi menjadi terinfeksi. Khususnya di bagian sirip dan ekor, jika dibiarkan maka bagian tubuh ikan koi tersebut akan cepat membusuk.

Untuk menyembuhkan penyakit tersebut anda hanya perlu memberikan beberapa obat berupa fenoksietanol, nitrofurazon atau chloramine yang kemudian dipadukan pada obat sejumlah 1 gram/kg pakan.

Penyakit semacam ini seringkali dapat menyerang pada ikan koi yang sedang dalam keadaan terluka, lalu tumbuhlah jamur pada tubuh ikan. Begitu jamur tersebut tumbuh, maka parasit juga ikut bertumbuh dan mengakibatkan ikan koi terluka karena terkena gigitan kutu ikan.

Untuk mengatasi penyakit tersebut, anda dapat memberikan obat berupa larutan garam dapur yang memiliki konsentrasi 1,5 sampai 2,5 % dengan metode pencelupan. Selain itu, anda juga dapat menggunakan kapas sebagai media pembuang bulu-bulu halus yang melekat pada badan ikan koi.

Penyakit ini merupakan penyebab dari infeksi pada mulut koi akibat jamur. Hal ini bisa anda identifikasi dari warna mulut koi yang berubah menjadi putih.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda dapat menaburkan garam sebanyak 10% dari jumlah volume air. Adapun, peralatan kolam juga harus dibersihkan, anda dapat memanfaatkan larutan fenoksietanol agar hasilnya steril.

Merupakan salah satu jenis cacing yang masuk dalam klasifikasi Gyrodactyius sp, sehingga membuat koi merasa gatal dan menggosok-gosokkan badannya pada benda keras saat berenang di kolam. Jika dibiarkan terus-menerus, maka ikan koi akan terus menggosok sehingga menyebabkan luka pada badannya. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, benda dapat melakukan perendaman koin selama 10 menit pada larutan air anti parasit, seperti pada malacite Green dengan kadar 2%. 

Meskipun anda telah memberi pakan ikan koi dalam jumlah banyak, namun ketika diukur hasilnya terkesan agak kurus, maka hal tersebut diakibatkan adanya kerusakan sel lemak pada ikan koi.

Untuk menyembuhkan penyakit punggung kurus tersebut Anda dapat memberi beragam tambahan nutrisi. Mulai dari vitamin E, wortel dan mineral yang berfungsi untuk mencegah timbulnya penyakit punggung kurus sewaktu-waktu.

Ikan koi yang terserang penyakit semacam ini biasanya memiliki gejala berupa nafsu makan berkurang serta malas untuk mengibas-ngibaskan insangnya. Apabila tidak diberikan penanganan, maka penyakit tersebut akan menyebabkan kematian pada ikan koi.

Untuk menyembuhkan penyakit batang insang berjamur, maka anda dapat memberi 0,1 g Green F pada 10 liter air jernih.

Cacing merupakan penyakit ikan koi yang sangat mudah diidentifikasi karena dapat diamati dari bagian luar tubuh ikan. Penyakit lernea pada ikan koi dapat menyebabkan tubuhnya menjadi kurus dan lemah.

Untuk mengatasi penyakit tersebut, anda perlu memberi pengobatan berupa larutan dengan larutan konsentrasi sekitar 25 ppm. Bisa juga dengan melakukan perbandingan dengan cairan tersebut selama 10 menit pada ikan koi.

Ikan koi yang terserang penyakit semacam ini biasanya akan terlihat seperti berenang dalam keadaan kaku, bahkan cenderung miring. Apabila kondisinya semakin parah, maka badan ikan koi makan menjadi tidak seimbang karena ekornya telah membengkok. Fenomena penyakit ikan koi semacam ini diduga kuat berasal dari asupan obat-obatan ikan koi yang beracun.

Penyakit ini merupakan penyebab dari adanya virus. Anda dapat mengidentifikasi penyakit cacar pada koi dengan melihat gejala bercak putih berlendir pada badan koi.

Penyakit cacar air pada ikan koi sejatinya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun apabila anda ingin mempercepat proses penyembuhannya, maka anda dapat memberikan desinfektan pada kolam koi.

Penyakit ini dapat menyerang ikan koi akibat media makanan yang memiliki kandungan protein berlebihan. Sekaligus dampak dari suhu air yang rendah. Akibatnya, ikan koi mengalami iritasi dan bagian pembuluh darahnya terinfeksi oleh bakteri. Dapat dilihat dari bagian luar tubuh ikan

Untuk mengatasi penyakit lumpur, anda hanya perlu melakukan penggantian air pada kolam ikan koi sekaligus memberi garam dapur dalam jumlah sedikit yaitu 10% setiap hari.

Penanggulangan Awal Koi yang Terserang Penyakit

Terdapat sejumlah langkah penanggulangan awal pada ikan koi apabila diidentifikasi terserang penyakit. Dibawah ini merupakan langkah yang harus Anda lakukan, yaitu:

  • Lakukan isolasi pada ikan yang telah terserang penyakit dengan cara memindahkannya pada kolam yang berbeda
  • Pastikan temperatur air kolam isolasi untuk ikan koi tersebut tetap stabil
  • Jalankan aerasi atau suplai oksigen yang cukup dengan mengandalkan pompa udara
  • Hindari pemberian pakan terlalu banyak pada ikan koi, karena hal bisa saja terdapat indikasi penurunan nafsu makan. Jika dibiarkan maka sisa pakan akan mengotori air kolam.
  • Pemahaman terhadap obat untuk penyakit ikan koi sangat diperlukan, baik ketika telah mengetahui gejala penyakit atau ketika terserang penyakit.

Untuk Anda yang saat ini sedang tertarik untuk memelihara atau membudidayakan ikan koi, segera hubungi kami untuk pemesanan ikan koi. Kami adalah satu dari sekian distributor sekaligus pelaku budidaya ikan koi terbaik yang menawarkan aneka jenis ikan koi yang dapat Anda pilih sesuai yang Anda inginkan. Ikan koi yang kami tawarkan kepada Anda memiliki ukuran 25+ cm. Ukuran tersebut merupakan angka ideal bagi Anda yang akan memelihara ikan koi mulai dari bibit hingga dewasa. Pastinya, ikan koi tersebut memiliki potensi lebih untuk dijual atau disertakan pada kontes ikan koi.

Kami memberi penawaran ikan koi dengan harga terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila akan memberi ikan koi dalam jumlah banyak. Kualitas indukan maupun bibit koi selalu kami utamakan agar memperoleh hasil budidaya yang maksimal dan menguntungkan. Segera hubungi customer service kami untuk mengetahui info harga ikan koi terbaru, karena harganya dapat berubah sewaktu waktu. Pastikan jenis ikan koi yang Anda pesan pada kami sesuai dengan apa yang inginkan atau butuhkan.

Info Pemesanan?


☎ 0822 3027 4443 (Anas)
[email protected]
Ds. Pehkulon, Kec. Papar, Kab. Kediri Jawa Timur 64153